Warganya Disekap di Yaman, Pemkab Sampang Minta Bantuan Kemenlu

Agus Josiandi    •    Senin, 06 Jul 2015 22:26 WIB
penyekapan
Warganya Disekap di Yaman, Pemkab Sampang Minta Bantuan Kemenlu
Jumani, orang tua korban penyekapan, saat melaporkan kejadian ke pemkab Sampang. Foto: MTVN/Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Sampang: Bingung atas nasib Dewi Wulandari, warga Desa Jelgung, Robatal, Sampang, Madura, Jawa Timur, yang disekap di Yaman, pihak keluarga akhirnya melaporkan peristiwa itu ke pemerintah Kabupaten Sampang.

“Saya mohon bantuan Bapak agar Dewi segera dipulangkan. Saya tak tahu lagi harus mengadu kepada siapa,” ujar Jumani, ibu korban, saat melaporkan kejadian ini ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, pemkab Sampang, Senin (6/7/2015).

Jumani bercerita Dewi saat ini masih disekap di dalam kamar adik iparnya di Yaman. Jumani mengetahui penyekapan ini karena Dewi berhasil menghubunginya via telepon. "(Saat menelepon itu) dia menceritakan penganiyaan yang dilakukan adik iparnya," kata Jumani.

Sementara itu, Pemkab Sampang berjanji akan berupaya memulangkan Dewi secepatnya. Melalui Dinsosnakertrans Sampang, Pemkab Sampang akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Kami akan segera mengirim surat resmi dan data-data tentang Dewi ke Kementerian Luar Negeri, terutama di bagian perlindungan hukum warga negara Indonesia," kata Kabid Tenaga Kerja Dinsosnakertran Sampang, Bisrul Hafi.

Sebagaimana yang dituturkan pihak keluarga, Dewi merantau ke Arab Saudi sejak 2008 lalu. Pada 2010, Dewi menikah dengan seorang pekerja lainnya asal Yaman. Pascamenikah, Dewi tinggal di Yaman bersama keluarga suaminya. Suami Dewi sendiri kembali bekerja di Arab Saudi.


(UWA)