Jalan Gubeng Diduga Ambles Akibat Proyek RS Siloam

Amaluddin    •    Rabu, 19 Dec 2018 01:54 WIB
Tanah Ambles di Gubeng
Jalan Gubeng Diduga Ambles Akibat Proyek RS Siloam
Kondisi tanah amblas di Kawasan Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018). Foto: Didik Suhartono/Antara

Surabaya: Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana menduga Jalan Raya Gubeng ambles karena adanya proyek di Rumah Sakit Siloam. Pasalnya, amblesnya jalan tersebut persis berada di lokasi proyek.

"Sehingga tanah di Jalan Raya Gubeng tertarik dari timur ke arah barat, dan longsor," kata Whisnu saat meninjau lokasi jalan ambles, Rabu, 19 Desember 2018.

Dugaan sementara amblesnya jalan tersebut akibat ada kesalahan konstruksi pada proyek tersebut. Whisnu memastikan akan menindak tegas pihak rumah sakit dan kontraktor bila ada kesalahan dalam izin mendirikan bangunan (IMB).

"Kalau memang ada kesalahan, maka akan ada tindakan tegas nantinya," kata Whisnu.

Baca: Jalan Gubeng Surabaya Ambles

Wisnu berharap tidak ada ambles susulan. Sebab, dia khawatir ada erosi tanah akibat amblesnya jalan tersebut.

"Khawatirnya ada erosi tanah di bawah, karena kan di bawah Jalan Gubeng ini juga ada resapan tanah, khawatirnya ada longsoran ke dalam atau likuifaksi," ujarnya. 

Menurut Wisnu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hal itu berdasarkan pantauan petugas saat mengecek area jalan ambles.

"Tadi polisi sudah ngecek, termasuk mengecek kondisi bangunan di area lokasi ambles. PMK juga sudah ngecek. Tanah ambles itu kedalamannya mencapai 20 meteran," ujarnya.



(AZF)