Kemenkes Rekomendasi 12 RS di Jatim Melayani Pasien BPJS

Amaluddin    •    Senin, 07 Jan 2019 15:58 WIB
bpjs kesehatan
Kemenkes Rekomendasi 12 RS di Jatim Melayani Pasien BPJS
ilustrasi Medcom.id

Surabaya: Kementerian Kesehatan memperpanjang rekomendasi kontrak Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan 12 rumah sakit (RS) di Jawa Timur. Rekomendasi tersebut tertuang dalam Surat Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/Menkes/18/2019.

Surat tersebut mengatur 11 RS yang masa akreditasi habis, dan satu RS yang tidak memiliki akreditasi namun memiliki pelayanan baik.

"Surat itu keluar tertanggal 4 Januari 2019, tapi baru turun Sabtu kemarin," kata Deputi BPJS Kesehatan Jatim, Handaryo, dikonfirmasi, Senin, 7 Januari 2019.

Adapun 12 RS yang mendapat rekomendasi bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yakni RS Petrokimia Gresik, RS Siloam Jember, RS Bhakti Persada Magetan, RS Anna Medika Bangkalan, RS Husada Utama Surabaya.

Kemudian RSUD Lawang Malang, RSIA Puri Malang, RSUS Kanjuruhan Malang, RSJ Lawang Radjiman Malang, RSUD Grati Pasuruan, RS Citra Medika Sidoarjo, dan RS Umar Mas'ud di Pulau Bawean, Gresik.

"Dengan adanya surat tersebut, maka 12 RS itu kini bisa melayani pasien BPJS Kesehatan," kata Handaryo.

Sebelumnya, ada 11 RS RS tersebut terancam terhenti dalam melayani pelayanan BPJS Kesehatan. Sebab, masa akreditasi RS berakhir pada 2018. Kemenkes sendiri memberi waktu masa perpanjangan akreditasi hingga Juni 2019.

Sementara satu RS, yakni RS Umar Mas'ud belum memiliki akreditasi. Saat ini masih dalam proses pengurusan akreditasi ke Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

"Tapi RS Umar Mas'ud sudah mendapat rekomendasi dari Kemenkes, sehingga bisa melayani pasien BPJS Kesehatan," kata Handaryo.



(ALB)