Presiden Resmikan Jalan Tol Ngawi-Wilangan

Amaluddin    •    Kamis, 29 Mar 2018 18:48 WIB
jalan toltransjawa
Presiden Resmikan Jalan Tol Ngawi-Wilangan
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Ngawi-Wilangan. (dok: Pemprov Jatim).

Surabaya: Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan sepanjang 51,95 kilometer. Peresmian dilakukan di depan gerbang tol (GT) Madiun Desa Bagi, Kecamatan Sawahan, Madiun, ditandai dengan penempelan uang elektronik oleh Presiden Jokowi, Kamis, 29 Maret 2018.

"Alhamdulillah, tol Ngawi-Wilangan sudah tersambung 51 km, dan tol Ngawi hingga Surabaya bisa juga digunakan mudik Lebaran mendatang," kata Presiden Jokowi saat peresmian tol Ngawi-Wilangan. 

Menurut Jokowi, tanah yang dibuat Tol Ngawi-Kertosono sebelumnya dipegang oleh investor asing asal Australia. Namun pada 2015, pemerintah mengambil alih dan kemudian digarap oleh PT Waskita dan Jasa Marga yang dibuat jalan tol. 

Peresmian tol ini akan semakin merealisasikan rencana pembangunan tol Trans-Jawa. Pembangunan jalan Tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan tersebut terbagi dalam tiga seksi. Seksi I meliputi Klitik/batas Proyek-Simpang Susun (SS) Madiun sepanjang 20 km. 

Kemudian seksi II terdiri dari SS Madiun-SS Caruban sepanjang 8.45 km, dan seksi III terdiri dari SS Caruban - Nganjuk (Wilangan) sepanjang 19.5 km dengan total panjang 47,95 km. Ditambah 4 km, SS Ngawi-Klitik yang merupakan bagian dari ruas tol Solo-Ngawi. Sehingga luas peresmian tol Ngawi-Wilangan sepanjang 51,95 km. 

"Saya target akhir 2018 dari Merak sampai Pasuruan sudah tersambung. Dan akhir 2019 dari Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung," kata Jokowi.

Dihadapan Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat atas beroperasinya tol Ngawi-Wilangan. Kehadiran tol ini, kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, sudah sangat ditunggu oleh masyarakat Jatim, terutama di Madiun.

"Tol ini juga akan mengefisienkan barang dan jasa yang masuk maupun keluar Jatim. Saya sangat senang atas terselesaikannya pembangunan jalan tol ini. Saya tidak menyangka Madiun punya tol. Ini akan mempercepat dan memperlancar arus barang dan jasa," kata Pakde Karwo.

Hadir dalam peresmian tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung,  Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Anggota Komisi V DPR RI Gatot Sudjito, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Operasi II PT Waskita Karya Nyoman Wirya Adnyana, dan Direktur Utama PT Ngawi-Kertosono Jaya Iwan Moedyarno. 





(ALB)