Jaring Pemilih Pemula, KPU Jember Gelar Sosialisasi Pilgub di Sekolah

Kusbandono    •    Kamis, 26 Apr 2018 08:16 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Jaring Pemilih Pemula, KPU Jember Gelar Sosialisasi Pilgub di Sekolah
Ilustrasi Sejumlah siswa yang merupakan pemilih pemula melakukan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT). MI/RAMDANI.

Jember: Jelang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember gencar melakukan sosialisasi kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau kategori pemilih pemula. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai tahapan pemilu.

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat, Ahmad Hanafi mengatakan, kegiatan ini diharap menggaet pemilih pemula yang sangat potensial.

"Kegiatan sosialisasi ini sebagai formulasi dari KPU untuk mengakomodir 38.000 pemilih potensial yang sebagian besar adalah pelajar." Kata Hanafi kepada Medcom.id di ruang kerjanya, Rabu, 25 April 2018.

Belum lama ini, KPU Goes To School menyasar SMA Negeri 1 Umbulsari.

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya, pelajar sudah memenuhi syarat usia untuk memilih, tetapi masih ada sejumlah siswa yang belum memiliki E-KTP.

"Sehingga untuk solusinya bisa dengan meminta Surat Keterangan (SK) kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," jelas Hanafi.

Dalam kegiatan sosialisasi di sekolah tersebut, KPU Jember menyampaikan proses pemilihan dan syarat-syarat yang dibutuhkan oleh peserta pemilu terutama bagi pemilih pemula. 

"Bagi pemilih pemula merupakan kategori rentan, sebab bila tidak bisa memiliki E-KTP maka tidak akan bisa memilih," ungkap Hanafi.

Dispendukcapil dan KPU sudah berkoordinasi untuk melakukan upaya dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman E-KTP dan memberikan Surat Keterangan agar dapat menjadi peserta Pemilu.


(DEN)