Ratusan Napi Lapas Sidoarjo Pakai Baju Adat saat Upacara

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 17 Aug 2018 17:58 WIB
hut riHUT ke-73 RI
Ratusan Napi Lapas Sidoarjo Pakai Baju Adat saat Upacara
Ratusan Narapidana Lapas Kelas II A Sidoarjo menggunakan baju adat dari Indonesia saat upacara kemerdekaan. Medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Ratusan Narapidana Lapas Kelas II A Sidoarjo menggunakan baju adat dari Indonesia saat upacara kemerdekaan. Pemakaian baju adat bertujuan mempromosikan keragaman budaya di Indonesia.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sidoarjo, Jumadi. Menurut Jumadi, pada perayaan HUT ke-73 RI ini, pihaknya mengajak warga binaan lebih menghormati perjuangan para pahlawan terdahulu.

Pahlawan yang berjuang terdiri dari berbagai suku, ras, dan budaya yang berbeda-beda. "Inilah alasannya kenapa para napi kita ajak menggunakan baju adat sebagai bentuk menghargai bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam ras dan suku," ujar Jumadi, Jumat, 17 Agustus 2018.

Pihaknya terus mengajak para narapidana untuk terus berkelakuan baik dan diganjar dengan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II A Sidoarjo berjumlah 997 orang. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 142 dari 163 narapidana yang mendapat remisi kemerdekaan. Sedangkan sisanya masih dalam proses di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

"Ada empat narapidana yang dinyatakan langsung bebas. Di antaranya kasus Narkoba, dua orang kasus penipuan dan 1 orang penggelapan," jelasnya.

Dalam upacara kemerdekaan diikuti sekitar 100 narapidana dan 143 petugas lapas. Usai upacara, para petugas juga mengikuti berbagai lomba Agustusan seperti makan kerupuk, tarik sarung.


(SUR)