BPBD Malang Belum Rilis Kerusakan akibat Gempa

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 17 Nov 2016 11:57 WIB
gempa
BPBD Malang Belum Rilis Kerusakan akibat Gempa
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi. (Metrotvnews.com/Aditya Mahatva Yodha)

Metrotvnews.com, Malang: Gempa bumi sekitar 1 menit dengan kekuatan 6,2 SR semalam, membuat panik warga Kabupaten Malang, Jawa Timur dan sekitarnya. Bahkan beberapa rumah warga rusak ringan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, mengatakan, ada laporan rumah rusak. "Namun kami belum bisa memastikan berapa jumlah total keseluruhan," ujarnya kepada Metrotvnews.com, di Kompleks Posko BPBD Kabupaten Malang, Jalan Trunojoyo, Kepanjen, Kamis (17/11/2016).

Baca: Rumah di Jember Rusak akibat Gempa

Menurutnya, laporan sementara menyebut rumah rusak tersebar di Kecamatan Ampelgading, Pegelaran, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, dan Sumberpucung. Kerusakan meliputi genting berjatuhan, dan beberapa dinding retak.

Hafi juga tidak bisa memastikan ada tidaknya rumah rusak sedang atau berat di wilayahnya. Dia belum beralasan masih menunggu laporan tim BPBD dari seluruh kecamatan.

Sekira pukul 22.25 WIB, Rabu (16/11) gempa mengguncang beberapa wilayah. Keterangan BMKG, pusat gempa terjadi di 127 km tenggara Kabupaten Malang, 136 km barat daya Kabupaten Lumajang, 142 km barat daya Kabupaten Jember, 232 km tenggara Kota Surabaya, dan 782 km tenggara Jakarta.

Baca: Gempa Malang Terasa Hingga Beberapa Daerah

Gempa juga membuat beberapa rumah di Kabupaten Jember rusak. Rumah salah satu warga bahkan roboh usai diguncang gempa.


(SAN)