Lima Detik Guncangan Gempa Bikin Warga Panik

Amaluddin    •    Kamis, 17 Nov 2016 01:13 WIB
gempa
Lima Detik Guncangan Gempa Bikin Warga Panik
ilustrasi gempa. MTVN

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada empat daerah di Jawa Timur mengalami guncangan dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR). Tiga daerah diantaranya mengalami getaran cukup kuat, dan satu daerah sisanya mengalami getaran rendah.

Tiga daerah itu adalah Kabupaten Malang dengan durasi getaran selama 4-5 detik, kemudian Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang dengan durasi getaran selama 2-3 detik.

"Getaran yang terjadi di tiga daerah itu sempat membuat masyarakat panik," kata Kabag BMKG Pusat, Hary T Djatmiko, kepada Metrotvnews.com, Kamis (17/11/2016).

Sementara satu daerah sisanya yakni Kota Surabaya. Guncangan yang terjadi di Surabaya berdurasi sekitar 2 detik, dan tidak semua warga merasakannya. Sehingga getaran yang terjadi di Surabaya tidak membuat masyarakat panik. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak gempa tersebut," tandasnya.

Gempa berkekuatan 6,2 SR berpusat di 127 km tenggara Kabupaten Malang. Guncangan serupa juga terjadi di 136 km barat daya Kabupaten Lumajang, 142 km barat daya Kabupaten Jember, 232 km tenggara Kota Surabaya, dan 782 km tenggara Jakarta.

"Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi atau guncangan dirasakan di daerah Malang, Jogja, Lumajang, Jember, II dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Jatim, Musripan,

Hasil analisis BMKG, menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 22.10 WIB, dengan kekuatan M = 6.2 SR dengan episenter terletak pada koordinat 9.32 LS dan 113.12 BT, pada kedalaman 69 km atau pusat gempa di 127 km tenggara Malang.


(LDS)