Gara-gara Antre Panjang Urus e-KTP, Jombang Dijuluki 'Kota (S)antri'

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 03 Sep 2016 11:34 WIB
e-ktp
Gara-gara Antre Panjang Urus e-KTP, Jombang Dijuluki 'Kota (S)antri'
Antrean di Dispendukcapil Kabupaten Jombang. Foto-foto: Metrotvnews.com/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Netizen asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyindir antrean panjang warga yang hendak mengurus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sindiran dicurahkan dalam bentuk meme. Cak Irfan, di akun Facebook-nya mengunggah julukan 'Jombang Kota Santri' dengan mencoret huruf 'S' menjadi 'Jombang Kota Antri'.


Logo satir yang diunggah netizen. Foto: Facebook

Mendadak sontak, meme itu memancing reaksi dari netizen lain di Kabupaten Jombang. Akun @Achmad Mustaqim berkomentar, "Absen jombang perbtasan moker hadir ... dalan ne ae rek gk tau d reken po mneh birokrasi .... adoh lk d bndingo karo tonggo sbelah" 

Artinya kira-kira begini: Absen Jombang Perbatasan Mojokerto hadir, Jalan saja tidak pernah diperdulikan, apa lagi birokrasi, jauh banget jika harus dibandingkan dengan tetangga sebelah.

Akun @Pepen pendik juga mengomemtari postingan yang hingga saat ini sudah menembus like sebanyak 200 orang lebih itu.

"e-KTP Maksud te lur.... "



Pengurusan e-KTP di Kabupaten Jombang Jawa Timur, terkesan dipaksakan oleh Dispendukcapil Jombang. Setiap hari dinas ini menjatah 250 orang. Alhasil, antrean terus mengular. Para pemohon bahkan harus datang dini hari agar tak kekurangan jatah hari itu.

Tak jarang mereka pulang dengan tangan hampa karena nomor antrean sudah habis dan waktu pelayanan sudah melewati batas.

Antrean panjang ini adalah buntut dari tenggat waktu yang diberikan pemerintah dalam merekam e-KTP. Warga diminta merekam e-KTP sebelum 30 September 2016. Jika tidak, mereka terancam tak memiliki basis identitas yang bisa dipergunakan untuk keperluan administrasi.


(UWA)