Penyandang HIV di Sidoarjo 80% Usia Produktif

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 25 Aug 2016 17:25 WIB
aids
Penyandang HIV di Sidoarjo 80% Usia Produktif
Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin membuka kegiatan koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sidoarjo di Aula Delta Karya Setda Sidoarjo, Jatim, Kamis (25/8/2016). (Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Jumlah penyandang HIV/AIDS di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mencapai 1.741 orang. Sebagian besar atau lebih dari 80 persen dari angka itu berusia produktif.

Angka tersebut menjadikan Sidoarjo menduduki posisi lima di antara kabupaten kota di Provinsi Jatim.

"Jumlah total sekitar 1.741 kasus HIV/AIDS di Sidoarjo merupakan usia produktif. Sedangkan 370 orang di antaranya sudah meninggal," ungkap Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, saat membuka kegiatan koordinasi antar pemangku kepentingan dan mitra Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Aula Delta Karya Setda Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/8/2016). 

Nur yang juga Ketua Pelaksana KPA Sidoarjo mengatakan kasus penyebaran HIV/AIDS sudah pelik. Penularannyatidak hanya terjadi pada kelompok atau komunitas risiko tinggi saja. Melainkan sudah merangkak jauh ke wilayah yang semula dianggap tidak berisiko. 

"Ada 59 kasus HIV/AIDS pada anak-anak dan 272 kasus HIV/AIDS menjangkiti ibu rumah tangga," lanjutnya. 
 
Ia meminta semua pihak bersatu menanggulangi dan mengendalikan penularan penyakit mematikan tersebut. Sasaran programnya, deteksi dini HIV/AIDS di lingkungan masing-masing.

"Dengan semakin banyak pihak yang terlibat dan berpartisipasi, diharapkan penularan HIV/AIDS dapat dicegah," jelasnya, 
 
Sementara, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman berujar mendukung program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan dimasukkannya Raperda Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS dalam Prolegda Sidoarjo.

“Sebelum akhir 2016, perda ini bisa disahkan DPRD Kabupaten Sidoarjo,” singkatnya.


(SAN)