Pengurusan STNK di Sidoarjo Naik 40% saat Pemutihan

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 24 Oct 2017 19:32 WIB
pajak kendaraan
Pengurusan STNK di Sidoarjo Naik 40% saat Pemutihan
Warga antusias mengurus pajak kendaraan. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Masyarakat Sidorjo, Jawa Timur, antusias menyambut program pemutihan dan insentif pajak kendaraan yang tertuang dalam Peraturan Gubernu Nomor 67 tahun 2017. Dua hari berlaku, pengurusan STNK meningkat 40 persen.

"Warga cukup antusias dengan program itu. Baru dua hari ini lumayan ramai," ucap Kepala Badan Urusan STNK Samsat Sidoarjo, Aiptu Susetyo, Selasa 24 Oktober 2017.

Pelayanan Samsat Sidoarjo yang biasanya melayani 1.100 berkas per hari, meningkat jadi 1.500 berkas per hari. Angka tersebut masuk pengesahan pajak tahunan, pajak lima tahunan. Berkas juga masuh dari beragam program Samsat seperti Drivethrough, Payment Corner, dan Samsat Keliling.

Insentif pajak meliputi bebas Bea Balik Nama (BBN) kendaraan Bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya; penghapusan sanksi administrasi kenaikan denda dan bunga; dan, kendaraan komersial (plat kuning) dengan isnetif pajak sebesar 30 persen.

(Baca: Jatim Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan)

Susetyo menyebut, pengguna layanan kantor Samsat mengurus surat mutasi keluar kendaraannya dan pengurusan pajak STNK 5 tahunan (STNK baru).

Salah satu yang memanfaatkan momen pemutihan ini adalah Ismawati, 40, warga asal Tanggulangin, Sidoarjo. Program banyak diminati karena akan mengurangi biaya pengeluaran untuk mengurus STNK.

"Mumpung ada pemutihan, saya gunakan kesempatan ini untuk balik nama sekalian. Lumayan bisa mengurangi biaya," kata Ismawati.

Begitu pun Adi, 36, warga asal Lemah Putro, Sidoarjo. Dia mengaku senang bisa menikmati program tersebut. Alasannya sama, menekan pengeluaran.

"Saya tahunya dari beberapa teman yang berkirim pesan. Lumayan bisa hemat biaya karena dendanya dihilangkan," sambungnya usai mengurus balik nama BPKB kendaran roda dua miliknya.

(Klik juga: Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan, Samsat Jombang Sepi)
 


(SUR)