Waspadai Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Selat Bali

Andi Himawan, Nur Azizah    •    Minggu, 03 Dec 2017 04:00 WIB
cuaca ekstremanomali cuaca
Waspadai Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Selat Bali
Ilustrasi. MTVN Grafis

Banyuwangi: Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi dan angin kencang akan terjadi di Selat Bali. Khususnya di jalur penyeberangan Jawa-Bali di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk yang dinilai perlu diwaspadai.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari mengatakan, gelombang akan mencapai satu setengah meter. Kondisi ini akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

"Ini himbauan pada stasiun meteorologi kelas tiga Banyuwangi Jawa Timur pada nahkoda kapal serta pengguna jasa penyeberangan Jawa-Bali," kata Dita, di Banyuwangi, Sabtu 2 Desember 2017.  

Dita menyampaikan, hujan deras masih berpotensi turun di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Untuk Wilayah Banyuwangi, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir diperkirakan akan turun.

"Kondisi ini harus diwaspadai oleh siapapun," tutur dia.

Hingga kini, pelabuhan Ketapang-Gilimanuk masih dalam keadaan normal sebagai jalur penyeberangan Jawa-Bali. Guna mengantisipasi cuaca buruk pihak kesyahbanbaran Pelabuhan Ketapang menerapakan buka tutup pelabuhan sebagai jalur penyeberangan Jawa-Bali.


(SCI)