Sosok Mantan Wakapolda Sumut di Mata Warga

Daviq Umar Al Faruq    •    Jumat, 02 Mar 2018 15:29 WIB
penemuan mayat
Sosok Mantan Wakapolda Sumut di Mata Warga
Suasana rumah Kombes Pol (Purn) Agus Samad di Perumahan Bukit Dieng Permai blok MB-9 RT 09 RW 05 Kelurahan Pisang Sandi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, saat olah TKP.

Malang: Kematian mantan Wakapolda Sumatera Utara (Sumut) Kombes Pol (Purn) Agus Samad di Kota Malang hingga saat ini masih tanda tanya. Banyak pihak terkejut dengan kematian sosok purnawirawan polisi berusia 71 tahun yang terkesan mendadak itu.

Salah satunya adalah satpam perumahan, Ngateno. Dia menilai, Agus merupakan sosok yang baik. Bahkan oleh warga sekitar, Agus kerap kali dipanggil dengan sebutan Abah. "Abah dulu pernah menjabat sebagai Ketua RT. Waktu masih menjabat beliau sering nongkrong di pos satpam sini," katanya.

Ngateno mengatakan Agus adalah sosok yang teliti. "Kalau nongkrong di pos satpam terus ada mobil asing lewat, beliau selalu bertanya 'itu mobil siapa pak?" bebernya.

Baca, Polda Jatim: Wakapolda Sumut Antara Dibunuh atau Bunuh Diri

Untuk diketahui, Agus sendiri dikenal sebagai sosok yang akrab di dunia intelejen. Sebab, sebelum menjabat sebagai Wakapolda Sumut, Agus pernah menjabat sebagai Kadit Intel di berbagai Kepolisian Daerah (Polda), mulai dari Polda Metro Jaya, Polda Riau dan Polda Makassar.

Sebelum Agus ditemukan tewas di rumahnya, Sabtu, 24 Februari 2018 lalu, Ngateno, satpam yang berjaga malam pada Jumat, 23 Februari 2018, mengaku tidak menemukan sesuatu yang aneh saat itu. 
"Waktu itu seingat saya jalanan sepi. Aktivitas berjalan seperti biasanya," urainya.

Ngateno menambahkan Agus termasuk salah satu warga yang religius. Sebab, hampir setiap pagi Agus tidak pernah absen salat Subuh di masjid. "Tapi waktu hari Kamis (23 Februari 2018), Abah tidak terlihat berangkat ke masjid," ucapnya.

Sementara itu, sejumlah tim gabungan dari Polda Jatim, Polres Malang Kota hingga Mabes Polri pun didatangkan berulang kali untuk mengolah tempat kejadian perkara (TKP). Namun hingga penyebab kematian pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini masih belum diketahui.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan pihaknya masih terus mendalami kasus ini dengan melakukan olah TKP. "Kita dalami lagi. Diambil sampelnya lagi. Sampel darah dan muntahan. Kita lakukan pemeriksaan ulang," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Kombes Pol (Purn) Agus Samad ditemukan tewas di rumahnya Perumahan Bukit Dieng Permai blok MB-9 RT 09 RW 05 Kelurahan Pisang Sandi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Sabtu 24 Februari 2018 lalu.

Mayat Agus ditemukan sejumlah warga di halaman belakang rumahnya sekitar pukul 08.00 pagi dengan kondisi terikat tali rafia pada kedua kakinya.

Pada tubuh korban terdapat juga beberapa luka sayatan di tangan kanan dan kiri korban serta luka lecet di paha belakang korban. Saat ditemukan, Agus dalam keadaan sendiri di rumah karena istrinya sedang keluar kota.


(ALB)