Puting Beliung Terjang Sidoarjo

902 Rumah Rusak Jadi, Korban Luka Mulai Pulang

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 23 Nov 2017 20:07 WIB
puting beliung
902 Rumah Rusak Jadi, Korban Luka Mulai Pulang
Angin puting beliung melanda tiga desa di Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 22 November 2017 petang. Akibat kejadian ini, ratusan rumah mengalami kerusakan. ANTARA/Umarul Faruq

Sidoarjo: Data terbaru rumah warga di Sidoarjo yang ruak akibat diterjang puting beliung terus meningkat. Semula 720 warga, saat ini mencapai 902 rumah.

Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sidoarjo belum bisa memastikan data tersebut sebagai angka final. Jumlah rumah yang rusak diperkirakan lebih banyak.

"Didesa Tambak Rejo itu sekarang menjadi 695 rumah yang rusak, sedangkan di desa tambak sumur sekitar 157 rumah. Dan desa tambak sawah sekitar 50 rumah. Namun jumlah ini bakal bertambah lagi," kata Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito, Kamis, 23 November 2017.

(Klik: 720 Rumah di Sidoarjo Diterjang Puting Beliung)

Warga korban puting beliung yang mengalami luka-luka sudah banyak yang diperbolehkan pulang. Kini hanya tersisa dua orang yang masih dirawat intensif.

"Sebagian besar sudah banyak yang pulang. Karena kebanyakan luka ringan. Tapi ada juga yang luka berat. Sementara waktu masih dilakukan perawatan intensif," kata dia.

(Baca: Puting Beliung Terjang Sidoarjo)

Warga yang dirawat mengalami patah tulang akibat ditiban reruntuhan bangunan akibat angin puting beliung. Sekitar 35-50 korban lainnya terluka akibat bencana yang terjadi pada Selasa, 21 November 2017, tersebut.

"Ada sekitar 35-50 an yang mengalami luka-luka. Cuma kebanyakan luka ringan," pungkas Agung.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk melakukan penebangan pohon-pohon tua yang ada di Sidoarjo. Hal itu dikhawatirkan terjadi puting beliung susulan.

(Baca: BPBD Sidoarjo Klasifikasi Rumah Korban Puting Beliung)

 


(SUR)