Polisi Jaga Ketat Mesin ATM di Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 20 Mar 2018 18:04 WIB
kasus pembobolan dana
Polisi Jaga Ketat Mesin ATM di Surabaya
Sejumlah anggota Raimas Sat Sabhara Polrestabes Surabaya jaga ketat mesin ATM di Surabaya. Foto: Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Polrestabes Surabaya menerjunkan personel ke sejumlah mesin ATM di Surabaya, Selasa, 20 Maret 2018. Hal ini untuk mengantisipasi kejahatan skimming yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Ada beberapa tempat mesin ATM di Surabaya yang dijaga ketat anggota Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya. Di antaranya mesin ATM Mandiri di Jalan Indrapura, Jalan Rajawali, dan Ahmad Yani.

Namun petugas mengaku tidak memenukan sesuatu yang mencurigakan di area mesin ATM. "Patroli hari ini untuk antisipasi kasus skimming di ATM. Kita tingkatkan koordinasi dengan pihak security karena akhir-akhir ini marak pembobolan ATM," kata Komandan Pleton Raimas Polrestabes Surabaya Aipda Eko Kristanto.

Tidak hanya penjagaan, petugas juga melakukan patroli untuk menemukan alat skimming atau benda mencurigakan di ATM. Namun tidak ada alat sadap atau penduplikasi data yang ditemukan.

Ia mengimbau masyarakat yang ingin mengambil uang di ATM supaya mengecek terlebih dulu kondisi mesin sebelum memakai.Jika ditemukan adanya kejanggalan, masyarakat hendaknya segera melapor pada pihak bank atau keamanan sekitar ATM.

Tak hanya itu, para nasabah juga diminta untuk mewaspadai dan selalu merahasiakan nomor pin ATM, agar terhindar dari aksi kejahatan skimming.

"Jangan sampai ada kejadian seperti itu (skimming) di Surabaya," ujarnya.


(SUR)