Pilgub Jatim 2018

Bakal Calon Pendamping Khofifah Harus Klop dengan Partai Pengusung

Amaluddin    •    Jumat, 20 Oct 2017 15:01 WIB
pilkada 2018
Bakal Calon Pendamping Khofifah Harus Klop dengan Partai Pengusung
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) berjabat tangan dengan Khofifah Indar Parawansa (kiri) dalam pertemuan di Jakarta, 11 Oktober 2017, Ant - Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Surabaya: Tim 9 menuebutkan sejumlah kriteria untuk calon pendamping Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Utamanya yaitu bisa bekerja sama dengan Khofifah bila pasangan tersebut memenangkan pemilihan.

Juru bicara Tim 9, Asep Saifuddin Chalim, menyebutkan kriteria itu dilihat dari kapabilitas dan integritas yang menjadi faktor mendulang suara. 

"Selain itu, namanya pun harus diterima oleh semua partai pengusung," terang Asep usai pertemuan tertutup tim 9 di rumahnya di Surabaya, Kamis malam 19 Oktober 2017.

Saat ini, lanjut Asep, Tim 9 merekomendasikan delapan nama. Nantinya Tim 9 akan menyeleksi mereka. Khofifah dan partai pengusung pun akan terlibat dalam memutuskan nama calon wakil gubernur.


(Asep Saifudin Chalim (tengah), anggota tim 9, pendukung Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2018, MTVN - Amaluddin)

"Yang terpilih berdasarkan kesepakatan seluruh partai yang mengusung, dan Bu Khofifah cocok," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah itu enggan menyebutkan delapan nama yang digodok oleh Tim 9 tersebut. Dia hanya menyebutkan delapan tokoh itu terdiri dari berbagai latarbelakang, akademisi, politisi, Polri/TNi, birokrat, profesional dan kepala daerah.

"Kami akan menentukan paling lama sepuluh hari. Paling lama akhir Oktober atau sebelum Desember," kata dia.

Pencalonan Khofifah Indar Parawansa sebagai cagub Jatim terus menuai dukungan. Hingga berita ini dimuat, tiga partai diklaim mendukung perempuan yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial itu.

Partai NasDem menyuarakan dukungan utnuk Khofifah di akhir September 2017. Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menyebutkan Golkar dan PPP berminat untuk berkoalisi.

Baca: NasDem Dukung Khofifah Maju di Pilgub Jatim

"Mudah-mudahan Partai Demokrat juga menunjukkan perhatian pada Khofifah," kata Johnny di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Selasa 26 September 2017.

Di DPRD Jatim, NasDem mengantongi 4 kursi. Bila berkoalisi dengan Golkar dan PPP, total modal dukungan untuk Khofifah yaitu 20 kursi.

Di lain sisi, PKB dan PDI Perjuangan berkoalisi dalam Pilgub Jatim 2018. Kedua partai mengusung pasangan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas.

Baca: PDIP Resmi Usung Gus Ipul-Azwar Anas di Pilgub Jatim

Berikut jumlah total kursi di DPRD Jatim:
PKB: 20
PDIP: 19
Gerindra: 13
Demokrat: 13
Golkar: 11
PAN: 7
PKS: 6
PPP: 5
NasDem: 4
Hanura: 2 

Lihat video:
 


(RRN)