Pasien Difteri di Jatim Bertambah

Amaluddin    •    Selasa, 12 Dec 2017 17:23 WIB
klb difteri
Pasien Difteri di Jatim Bertambah
Ilustrasi.

Surabaya: Jumlah pasien kasus difteri di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, bertambah. Artinya, sampai saat ini ada empat pasien berusia anak-anak dirawat di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu.

“Ada satu pasien lagi, laki-laki masih usia 3 tahun asal Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Kondisinya awal masuk hampir sama dengan sebelumnya. Jadi total ada empat pasien yang dirawat di sini (RSUD dr Soetomo, red),” kata Ketua Divisi Infeksi Anak RSUD dr Soetomo, Dominicus Husada, dikonfirmasi, Selasa, 12 Desember 2017.

Menurut Dominicus, keempat pasien difteri itu kondisinya cukup baik. Meski demikian, empat pasien itu belum diperbolehkan pulang karena pasien difteri harus mendapat perawatan intensif dan agar penyakitnya tidak menular.

“Kami akan melanjutkan pengobatan sampai pasien dinyatakan negatif,” katanya.

Kata dia, seseorang bisa dinyatakan bebas dari penyakit difteri jika sudah tiga kali mendapat imunisasi. Namun, hal itu hanya cukup untuk 18 bulan.

“Artinya, pada 18 bulan ke atas harus mengulang imunisasi. Kalau usia sudah menginjak 20 tahun minimal harus enam kali imunisasi,” terangnya.

Dominicus mengatakan kasus difteri di Jatim relatif tinggi. Ini disebabkan karena masyarakat menolak imunisasi. “Jika masyarakat mau imunisasi, kasus difteri ini tidak ada. Nah, ini yang menjadi PR bersama,” ujarnya.


(ALB)