Polisi Usut Dugaan Kelalaian Insiden Jalan Gubeng

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 20 Dec 2018 23:34 WIB
Jalan Gubeng Ambles
Polisi Usut Dugaan Kelalaian Insiden Jalan Gubeng
Petugas memeriksa area yang ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Rabu, 19 Desember 2018, Antara - Suhartono

Jakarta: Penyidik Polda Jawa Timur dan Polrestabes Surabaya segera mengusut insiden amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Polisi menyelidiki dugaan unsur kelalaian dalam proyek pembangunan lahan parkir Rumah Sakit Siloam Surabaya tersebut hingga menyebabkan jalan ambles.

"Apakah kontruksi pembangunan tersebut ada unsur kelalaian atau tidak. Kemudian ada unsur sengaja soal pengerjaan SOP, dengan beton-beton atau tidak. Itu ada semua standarnya," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018. 

Lebih lanjut, Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya telah membentuk tim khusus untuk menganalisa penyebab amblesnya jalan. Hingga kini, sebanyak 11 orang telah diperiksa sebagai saksi.  

"Pimpinan proyek, petugas-petugas yang sedang melaksanakan pekerjaan itu, penanggung jawab lapangan di proyek tersebut dan masyarakat sekitar yang mengatahui bagaimana peristiwa itu terjadi," bebernya. 

Tim laboratorium forensik bersama Dinas Pekerjaan Umum Surabaya masih bekerja sama mencari tahu sebab amblesnya jalan. Pasalnya, lokasi amblesnya jalan dekat dengan proyek pembangunan lahan parkir di basement. 

Baca: PT NKE Tanggung Jawab Pemulihan Jalan Gubeng

Kendati begitu, Dedi memastikan soal perizinan pembangunan basement RS Silom tak bermasalah. Segala izin proyek dinyatakan lengkap.  

"Proyek tidak akan berani memulai pekerjaannya, kalau seluruh izin administrasinya tidak terpenuhi. Izin administrasi masih fokus dalam tim khsus itu," tandasnya.  




(DMR)