Waspada Bencana, Soekarwo Menyurati Kepala Daerah di Jatim

Amaluddin    •    Senin, 19 Nov 2018 17:48 WIB
musim hujanmusim pancaroba
Waspada Bencana, Soekarwo Menyurati Kepala Daerah di Jatim
Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Foto: Antara/Rosa Panggabean.

Surabaya: Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo mengatakan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah menyurati semua kepala daerah di wilayahnya untuk waspada kondisi iklim Musim Tanam (MT) 2018/2019.

"Kami minta kepala daerah agar menyebarluaskan informasi prakiraan iklim MT 2018/2019, untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan budidaya tanaman secara spesifik lokasi," kata Hadi saat dikonfirmasi, Senin, 19 November 2018.

Hadi menjelaskan, langkah itu diambil Gubernur Jatim sebagai bentuk mengantisipasi datangnya musim hujan yang rentan terjadi bencana alam, seperti banjir, longsor, dan lainnya.

Dalam surat itu, Soekarwo juga mengimbau agar Pemda setempat melakukan pengamatan dini dan intensif, terutama pada daerah-daerah rawan banjir. 

"Waspadai serangan hama kedelai di wilayah sentra kedelai dan pengembangan baru. Beberapa wilayah endemis serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) perlu meningkatkan kewaspadaan dengan menyiapkan bahan pengendali baik hayati maupun kimia," beber Hadi.

Selain itu, pemerintahan daerah juga diminta melakukan pengendalian OPT secara pre-emtif dengan beberapa cara.

Di antaranya adalah pengolahan tanah secara sempurna, penggunaan pupuk organik, perlakuan benih, pengamatan dini, optimalisasi penggunaan agens pengendali hayati, musuh alami, penanaman refugia (tempat singgah musuh alami) dan penggunaan pestisida nabati (biopestisida).

"Pada daerah rawan banjir dianjurkan menggunakan varietas yang berumur genjah dan toleran terhadap banjir seperti Inpara 3, Inpara 4, Inpara 5, Inpara 29, Inpara 30 dan varietas lokal lainnya yang memiliki sifat toleran terhadap banjir. Serta pengerukan saluran irigasi yang alami pendangkalan," pungkas Hadi.


(DEN)