Uji Coba Jalan Gubeng Menunggu Keputusan Bersama

Antara    •    Kamis, 27 Dec 2018 11:03 WIB
Jalan Gubeng Ambles
Uji Coba Jalan Gubeng Menunggu Keputusan Bersama
Pantauan dari udara kondisi dan perbaikan Jalan Raya Gubeng Surabaya, Rabu, 26 Desember 2018, Ant - Didik Suhartono

Surabaya: Pemulihan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, memasuki tahap akhir setelah ambles pekan lalu. Uji coba dilakukan setelah ada keputusan bersama.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan instansi terkait masih meninjau lokasi. Peninjauan meliputi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Polda Jawa Timur, Pemkot Surabaya, dan Tim Ahli Bangunan Gedung dari ITS.

Baca: Jalan Gubeng Diduga Ambles Akibat Proyek RS Siloam

"Soal uji coba menunggu keputusan bersama," terang Irvan.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan Jalan Raya Gubeng akan diuji coba di dua jalur hari ini. Bila uji coba lancar, ujar perempuan yang akrab disapa Risma itu, jalan dapat langsung dilintasi.

Risma mengatakan, pihaknya sudah mendatangkan tim ahli bangunan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan tes di lokasi jalan yang diuruk pada Rabu (26/12) pagi.

Hasil tes dari ITS, lanjut dia, dua jalur sisi Timur dinyatakan sudah memenuhi syarat dan bisa dilakukan uji coba. Sedangkan untuk dua jalur di sisi Barat, baru menunggu dipasang "steel sheet pile" (SSP) atau dinding vertikal dari besi yang berfungsi untuk menahan tanah dan menahan masuknya air ke dalam lubang galian.

Lihat video:
 


(RRN)