BPBD: Jalur Selatan Malang-Lumajang Rawan Longsor

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 14 Nov 2018 14:25 WIB
bencana longsorbencana banjir
BPBD: Jalur Selatan Malang-Lumajang Rawan Longsor
Pohon tumbang menutup akses jalan di jalur selatan Malang-Lumajang. (Foto: Istimewa)

Lumajang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang mengimbau para pengendara yang melintas di jalur selatan Malang-Lumajang untuk meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya jalur tersebut rawan longsor saat musim hujan.

Kabid Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengimbau agar pengendara sepeda motor maupun mobil untuk waspada saat melewati jalur tersebut. Terutama saat hujan deras datang.

"Jalur Malang-Lumajang terutama kilometer 53 sampai kilometer 59 rawan longsor baik batu maupun tanah juga rawan pohon tumbang," katanya saat dikonfirmasi, Rabu 14 November 2018.

Imbauan itu disampaikan BPBD setelah sebuah pohon berukuran besar tumbang di jalan raya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Rabu 14 November 2018 dini hari. Pohon tumbang itu menyebabkan jalur selatan Malang-Lumajang lumpuh total.

Peristiwa itu terjadi tepatnya di Jalan Raya Dampit-Lumajang km 59, Sawah & Hutan, Sumberwuluh, Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pohon berdiameter 130 centimeter tersebut diperkirakan tumbang sekitar pukul 02.05 WIB.

"Penanganan masih berlangsung. Untuk kendaraan roda dua sudah bisa melalui jalur tersebut. Sedangkan untuk roda empat atau minibus kecil update bisa melalui jalur dengan sistem buka tutup untuk memperkecil kemacetan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sehari sebelum terjadi pohon tumbang, yakni pada Selasa 13 November 2018, kawasan tersebut diguyur hujan sejak pukul 15.00 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi lah yang kemudian menyebabkan pohon besar itu tumbang.

Penyebab pohon tumbang yakni karena diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan kondisi pohon yang sudah tua. Pohon tumbang itu menutup total akses jalan bagi sepeda motor maupun mobil di jalur Pronojiwo, Sumberwuluh atau jalur utama Lumajang-Malang via Selatan.

Penanganan awal pohon tumbang tersebut telah dilakukan oleh BPBD Lumajang bersama warga dan pengguna jalan sejak pukul 02.30 WIB. Selanjutnya pada pukul 04.45 dilakukan pemotongan terhadap pohon besar tersebut.


(ALB)