Jombang Setelah Meraih Adipura Kencana

Nurul Hidayat    •    Selasa, 08 Aug 2017 11:00 WIB
sampahadipura kencanakebersihan
Jombang Setelah Meraih Adipura Kencana
Tumpukan sampah di Jalan K.H. Romli Tamin, Peterongan, Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Kabupaten Jombang tahun ini berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan kepada kota/kabupaten yang dianggap memenuhi indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota, serta indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik) yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Namun, penghargaan tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Di sejumlah jalan protokol di Kabupaten Jombang masih banyak ditemukan tumpukan sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

"Pemandangan seperti ini (tumpukan sampah, red), selalu terlihat setiap melintas di sini. Ini jelas menganggu pemandangan dan menimbulkan polusi bau," kata Samsul Arifin, pengendara yang melintas di Jalan K.H. Romli Tamin, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Selasa 8 Agustus 2017.

Terpisah, Jalaludin Hambali, seorang aktivis permerhati lingkungan, mengakui masih banyak sampah berserakan di jalan protokol di Jombang. Menurutnya, hal tersebut disebabkan kesadaran masyarakat terkait budaya buang sampah pada tempatnya masih kurang.

"Selain itu, masyarakat banyak yang belum paham memilah sampah yang akan dibuang. Mereka tidak bisa membedakan mana sampah, mana sampah organik," jelasnya.

Jalal menambahkan, dukungan pemerintah terhadap peningkata pemahaman masyarakat pun sangat kurang. Selama ini, peranan pemerintah hanya sebatas kepada sosialisasi di sekolah serta di beberapa daerah tertentu.

"Terakhir, minimnya anggaran serta keterbatasan personel petugas kebersihan di Kabupaten Jombang," pungkasnya.


(NIN)