NPHD Belum Tuntas, Dana Pilgub Jatim Molor

Amaluddin    •    Rabu, 02 Aug 2017 12:56 WIB
pilgub jatim 2018
NPHD Belum Tuntas, Dana Pilgub Jatim Molor
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Surabaya: KPU dan Pemprov Jatim tampaknya belum menemukan titik temu terkait naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dana Pilgub 2018. Padahal, Pemprov dan KPU Jatim telah sepakat dana untuk pilgub sebesar Rp817 miliar. Mestinya, pada Juli sudah dilakukan pembayaran termin I yakni sebesar Rp119 milliar. 

"Meski turunnya dana tersebut terlambat, secepatnya akan segera ditandatangani. Karena memang ada beberapa yang perlu dikoordinasikan. Masih ada beberapa pasal lagi yang perlu dijabarkan," kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, dikonfirmasi, Rabu, 2 Agustus 2017.

Saat ini, kata Eko, pihaknya masih membahas bersama komisioner KPU dengan Pemprov Jatim. "Masih dirundingkan mana saja yang perlu dilakukan penjelasan lebih lanjut," kata Eko.

Eko mengaku terus maraton melakukan penyelesaian pembahasan NPHD itu. Tujuannya agar dana hibah tersebut bisa segera cair. Sebab, Agustus telah masuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai digelarnya Pilgub.

"Ini kan masih baru telat satu hari. Insyaallah tidak mengganggu tahapan," ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Anom Surahno, mengatakan belum ditekennya NPHD karena masih menyeleraskan antara monitoring dan evaluasi. Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan KPU untuk segera menyelesaikan NPHD. "Sebentar lagi selesai," kata Anom. 

Anom optimistis dalam waktu dekat NPHD akan segera ditandatangani. Menurut Anom, saat ini masih tahap pematangan.


(SAN)