Jombang Siaga 1, Jember Perketat Pengamanan di Rumah Ibadah

Nurul Hidayat, Kusbandono    •    Minggu, 13 May 2018 13:36 WIB
Teror Bom di Surabaya
Jombang Siaga 1, Jember Perketat Pengamanan di Rumah Ibadah
Suasana di lokasi ledakan bom di Gereja St Maria di Jalan Ngagel Madya, Surabaya, Minggu 13 Mei 2018, Medcom.id - Amaluddin

Jombang: Polres Jombang, Jawa Timur, menetapkan status siaga I setelah bom meledak di tiga lokasi di Surabaya, Minggu 13 Mei 2018. Informasi terkini menyebutkan 10 orang tewas dalam kejadian tersebut.
 
Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto mengatakan ia melakukan Panggilan Luar Biasa (PLB) pada seluruh anak buahnya. Ia menginstruksikan peningkatan keamanan hingga ke pos kepolisian.

Baca: Dua Polisi Tewas dalam Ledakan di Surabaya

"Anggota juga wajib mengenakan rompi antipeluru," kata Fadli di Jombang.

Pemeriksaan tamu di markas polisi pun diperketat. Barang bawaan dan identitas tamu harus diperiksa.


Polisi di Jombang bersiaga setelah ledakan terjadi di tiga gereja di Surabaya, Minggu 13 Mei 2018, Medcom.id - Nurul Hidayat

Fadli juga berkoordinasi dengan pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. Selain kantor polisi dan pusat keramaian, penjagaan juga dilakukan di tempat ibadah.

Pengamanan pun diperketat di Jember. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo berkoordinasi dengan Dandim 0824 Letkol Inf Aris Munawar menginstruksikan anak buah mereka untuk memperketat pengamanan.

Petugas menyisir 15 gereja di Jember. Hasil pemeriksaan, kata Kusworo, seluruh gereja aman.


(Kapolres Jember mendatangi sebuah gereja dan meminta jemaat tetap tenang setelah bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Minggu 13 Mei 2018, Medcom.id - Kusbandono)

"Ini kami lakukan untuk membuat warga aman dan nyaman, termasuk saat beribadah," terang Kusworo.

Ledakan terjadi di tiga gereja di Surabaya. Yaitu Gereja Santa Maria di Jalan Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya.

Ledakan terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Jarak tiap ledakan kurang lebih 5 menit.


(RRN)