Belasan Pelajar Tumbang Saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 01 Oct 2016 09:22 WIB
hari kesaktian pancasila
Belasan Pelajar Tumbang Saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Sejumlah siswa peserta upacara hari Kesaktian Pancasila pingsan. Foto: Metrotvnews.com/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Belasan pelajar pingsan saat mengikuti upacara Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu 1 Oktober 2016 pagi. Penyebab para pelajar pingsan ini selain karena cuacanya terik, mereka juga belum sarapan.

"Mereka terburu-buru berangkat sehingga lupa sarapan," ujar Indah Fajarianti salah satu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi upacara.

Belasan pelajar itu tumbang saat upacara masih setengah jalan. Hingga akhir acara jumlah peserta yang pingsan terus bertambah.

"Peserta pingsan saat inspektur upacara membacakan amanat upacara. Dimulai dari salah satu barisan peserta tingkat sekolah menengah atas, kemudian terus bertambah," kata Indah.

Pantauan di lapangan, para pelajar yang pingsan ini langsung diangkat oleh petugas kesehatan yang sudah siap siaga di pinggir lapangan.

Secara umum pelaksanaan upacara berlangsung lancar. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Kodim 0814 Jombang Letkol Arh. M. Fatkhurahman.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan instruksi pemerintah pusat yang diminta serentak diselenggarakan pada 1 Oktober 2016. Tema yang diusung pada perayaan kali ini adalah "Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengamalan Pancasila". Upacara dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur dengan inspektur upacara Presiden Republik lndonesia.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setelah pada 30 September 1965 sebanyak enam jenderal, satu kapten, serta beberapa orang lainnya terbunuh. Peristiwa yang dikenal sebagai G30S itu disebut-sebut sebagai upaya kudeta yang dilakukan sejumlah oknum.

 


(UWA)