Waspada Dua Jalur Tengkorak di Sumenep

Rahmatullah    •    Kamis, 22 Jun 2017 16:32 WIB
mudik lebaran 2017
Waspada Dua Jalur Tengkorak di Sumenep
Razia kelengkapan surat kendaraan di Sumenep, Jawa Timur -- MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Ada dua jalur tengkorak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pertama, jalan sepanjang 3 kilometer di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi. Kedua, jalan sepanjang 2 kilometer di Desa Baban, Kecamatan Gapura.

Pemudik diimbau hati-hati ketika melintas di kedua jalur tersebut. Keinginan untuk segera bertemu keluarga akan berujung petaka jika pemudik tidak berhati-hati.

Kapolres Sumenep AKBP H. Joseph Ananta Pinora menyebut, kecelakaan biasanya terjadi karena sopir mengantuk. Karenanya, sopir diminta menjaga stamina, sehingga keselamatan penumpang terjamin.

"Untuk angkuta antar kabupaten dan provinsi, akan selalu dicek kelayakan kendaraan secara berkala di terminal. Kalau fisiknya tidak cocok, jangan melanjutkan perjalanan," kata Pinora di Sumenep, Kamis 22 Juni 2017.

Menurut Pinora, 400 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sebanyak 210 di antaranya merupakan anggota Polri. Selebihnya adalah anggota TNI, Satpol PP, Syahbandar, dan Dishub Sumenep.

(Baca: 400 Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik di Sumenep)

Selain itu, ada empat pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Tiap pos akan dijaga 12 personel dan tersedia nomor telepon petugas yang bisa dihubungi pemudik jika mengalami masalah.

Pinora menyebut, transportasi laut menjadi atensi khusus karena berkaitan dengan keselamatan pelayaran. "Yang perlu kita waspadai untuk transportasi laut adalah ketika embarkasi dan debarkasi," terangnya.

(Baca: Ratusan Penumpang Kapal Terlantar di Hari Pertama Mudik Gratis)


(NIN)