BI Jatim Gandeng TNI AL Distribusikan Uang Baru di Kepulauan

Antara    •    Kamis, 08 Jun 2017 14:06 WIB
penukaran uang
BI Jatim Gandeng TNI AL Distribusikan Uang Baru di Kepulauan
Seorang warga menukarkan uang di kas keliling di Mataram, NTB, untuk kebutuhan Lebaran 2016, Ant - Ahmad Subaidi

Metrotvnews.com, Surabaya: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur (Jatim) menggandeng TNI Angkatan Laut (AL) mendistribusikan uang baru di kepulauan di provinsi tersebut, Beberapa diantaranya berada di Kabupaten Gresik dan Pulau Madura.

Kepala Perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Dhojansyah mengatakan pendistribusian di pulau-pulau tersebut melalui kas kapal. Kegiatan itu bertujuan memenuhi kebutuhan uang di pulau-pulau yang ada di Jatim.

Beberapa pulau yaitu di Pulau Bawean, Gresik dan pulau-pulau yang ada di kawasan Madura, misalnya Masalembu, Sapeken, Kangean, dan Sapudi.

"Kami juga bekerja sama dengan perbankan untuk membuka outlet layanan penukaran uang mulai 6 hingga 22 Juni 2017, untuk kebutuhan Lebaran," kata Difi di Surabaya, Kamis 8 Juni 2017.

BI Jatim juga mengoperasikan kas keliling yang melayani penukaran uang di beberapa lokasi di Surabaya. Antara lain, Lapangan Makodam Surabaya mulai 13 sampai dengan 22 Juni 2017.

"Di Lapangan Makodam Surabaya, kami buka setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 09.30 WIB - 12.00 WIB. Sebelas bank terlibat dalam kegiatan itu seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Bank Syariah Mandiri, BCA, Bank Permata, Bank Muamalat, Bank Maspion, Bank Jatim, dan Maybank," lanjut Difi.

Di seluruh Jatim, pelayanan penukaran uang berlangsung di 600 outlet. Pelayanan berlangsung mulai 6 Juni sampai dengan 22 Juni 2017.

Diggi mengimbau warga menukarkan uang di outlet resmi. Bila pun menukarkan uang di pinggir jalan, warga sebaiknya cermat dan teliti untuk mengantisipasi peredaran uang palsu.


(RRN)