Polres Sumenep Gandeng Ormas Amankan Natal

Rahmatullah    •    Jumat, 21 Dec 2018 17:21 WIB
natal dan tahun baru
Polres Sumenep Gandeng Ormas Amankan Natal
Suasana Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 di halaman Mapolres Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, menggandeng Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam mengamankan perayaan Natal 2018. Kapolres Sumenep, AKBP Muslimin, mengungkapkan hal itu untuk mengantisipasi gerakan radikalisme yang akan menganggu keamanan dan kertebian masyarakat.

“Kita bersinergi dengan ormas untuk pengamanan bersama,” kata Muslimin usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 di halaman Mapolres Sumenep di Jalan Urip Sumoharjo Desa Pabian, Jumat, 21 Desember 2018.

Dia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan tokoh Gereja untuk pengamanan tersebut. Selain itu, Polres mengimbau tidak ada yang melakukan sweeping. Bila ada kejadian yang perlu ada penindakan, masyarakat segera melapor ke polisi.

Dia menyebut total personel polisi yang akan disiagakan sebanyak 61 orang. Mereka akan dibantu pasukan dari TNI dan petugas dari Pemerintah Daerah.

“Kita akan melakukan partoli untuk memantau situasi di masyarakat,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PC Ansor Sumenep M Muhri mengaku merasa bertanggung jawab dalam mengamankan situasi bangsa yang ditimbulkan dari paham intoleransi. Dalam pengamanan perayaan Natal, kata Muhri, Ansor Sumenep sudah terlibat sejak 2011 lalu.

“Jadi kita sudah lama terlibat dalam pengamanan seperti saat ini. Kita terus menjaga sinergisitas dengan Polres Sumenep,” ujar dia.

Total anggota Banser yang bakal diterjunkan sebanyak 64 personel. Muhri berharap Kamtibmas tetap kondusif seperti sediakala.


(ALB)