Dua Santri Diduga Keracunan Fogging masih Dirawat

Nurul Hidayat    •    Selasa, 22 Nov 2016 12:18 WIB
keracunan
Dua Santri Diduga Keracunan <i>Fogging</i> masih Dirawat
Santri dirawat diduga keracunan setelah fogging di Ponpes Bahrul Alam Tambakberas Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Dua santri masih menjalani perawatan di RSUD Jombang, Jawa Timur. Mereka dirawat lantaran muntah dan mual setelah pengasapan atau fogging dilakukan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas.

Kepala RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran, mengatakan kondisi mereka membaik. Ia menargetkan kedua santri pulang nanti sore.

"Tapi saat ini mereka masih mendapat asupan cairan melalui infus dan selang oksigen. Sebab mereka masih mengeluh pusing," kata Pudji di RSUD Jombang, Selasa (22/11/2016).

RSUD Jombang merawat 27 santri yang diduga keracunan zat dari fogging. Sementara 25 santri sudah pulang dan hanya menjalani perawatan jalan.

Baca: Setelah Fogging, Puluhan Santri di Jombang Mual dan Muntah

Menurut Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Dinas Kesehatan memeriksa kandungan untuk fogging. Dinkes menemukan zat asing.

"Zat digunakan untuk fogging bukan zat biasa yang sudah ditentukan oleh dinas kesehatan. Hal ini didasarkan pada konsentrat dari sampel yang kita ambil di lokasi," tegas Agung.

Polres lantas meminta keterangan pemerintah desa sebagai penyelenggara kegiatan fogging. Diduga, petugas menggunakan zat tak sesuai dengan ketentuan dari Dinas Kesehatan.



(RRN)