Jokowi Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto

Amaluddin    •    Selasa, 19 Dec 2017 18:06 WIB
infrastrukturjalan tol
Jokowi Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kanan) melihat mobil listrik Ezzy II milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat peresmian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) se

Surabaya: Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo), di Gerbang Tol Warugunung, Surabaya, Selasa, 19 Desember 2017. Artinya, tol sepanjang 36,27 kilometer itu resmi beroperasi.

“Tol Sumo ini bagian dari proyek tol Transjawa Merak-Banyuwangi (Tol TransJawa). Saya kejar, akhir 2019 harus selesai tanpa alasan," kata Jokowi.

Infrastruktur jalan memadai adalah syarat kemajuan sebuah negara. Bila antara satu daerah dengan daerah lain terkoneksi, pertumbuhan ekonomi bisa digenjot.

“Saya kira kita dikejar-kejar waktu, karena persaingan antar negara makin keras dan ketat," ujarnya.

Usai meresmikan Tol Sumo, Jokowi jadi orang pertama yang melalui tol baru tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu menunggangi mobil listrik ITS, Ezzy II.

Selain Jokowi, peresmian Tol Sumo juga dihadiri sejumlah petinggi lainnya, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, Gubernur Jatim Soekarwo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan beberapa pejabat penting lainnya.

Tol Sumo yang diresmikan ialah Seksi 1B, II dan III. Seksi 1B mengular dari Sepanjang sampai Warugunung, Seksi II dari Warugunung sampai Driyorejo dan Seksi III dari Driyorejo sampai Krian.

Ruas itu melengkapi dua seksi sebelumnya yang sudah rampung digarap, yakni Seksi 1A (Waru-Sepanjang) dan Seksi IV (Krian-Mojokerto). Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Transjawa.


 


(SUR)