Asa Warga di Bibir Tebing Kala Hujan

Rahmatullah    •    Jumat, 13 Oct 2017 20:01 WIB
tanah longsor
Asa Warga di Bibir Tebing Kala Hujan
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Sumenep: Rasa waswas selalu mengampiri ratusan warga Desa Payudan Daleman, Sumenep, Jawa Timur, ketika hujan. Tanah labil yang mudah terban selalu menghantui. Mau tak mau, mereka harus mengungsi dari rumah untuk menenangkan hati.

Memang, Dusun Artako hampir dipastikan terkana longsor bila air turun dari langit. Karena itu warga selalu beranjak dari rumah, walau hanya sebentar. Titiknya pun berpindah-pindah.

“Walau hujan sudah reda, biasanya warga tidak langsung balik ke rumah. Mereka masih khawatir terjadi longsor. Jika sudah yakin tidak longsor, mereka baru kembali ke rumah,” tutur Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Payudan Daleman, Sandy Tyas Mulyadi, Jumat 13 Oktober 2017.

Memang longsor tak pernah lagi memakan korban jiwa, karena masyarakat dipastikan mengungsi ketika turun hujan. Tak begitu dengan rumah mereka. Sesekali longsor yang datang meratakan rumah dengan tanah.

Mulyadi mengakui desa berada di tanah mirip plus kontur tanah tidak stabil. Hampir pasti terjadi longsor, meski acap kecil, ketika hujan mengguyur.

Dia berharap pemerintah segera memperkuat tebing. Warga pun tidak selalu dihantui longsor.

“Kita sudah sampaikan di Musrebangdes dan Musrebangcam agar ada penguatan tebing. Tapi sampai saat ini belum ada respon positif,” tutupnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi, menyarankan program penguatan tebing tersebut dimasukkan dalam realisasi Dana Desa (DD). Hal itu diperbolehkan oleh perundang-undangan yang berlaku.

“Prioritas anggaran Dana Desa (DD), desa boleh menyusun program untuk kebencanaan,” ujar Rahman.

Terkait penguatan tebing itu sudah masuk dalam Musrebangdes dan Musrebangcam. Program ini tak masuk dalam wilayah kewenangannya, tapi instansi teknis pekerjaan umum. Dia hanya mengimbau warga yang hidup di daerah rawan longsor lebih berhati-hati sampai program terlaksana.


(SUR)