Dukungan PBB di Pilpres 2019 Tunggu Ijtima Ulama

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 13 Sep 2018 08:31 WIB
pilpres 2019
Dukungan PBB di Pilpres 2019 Tunggu <i>Ijtima Ulama</i>
Menurut Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Medcom.id/Syaikhul Hadi

Surabaya: Partai Bulan Bintang (PBB) belum memutuskan arah dukungannya pada Pilpres 2019 mendatang. PBB berjanji mengumumkan pada awal Oktober mendatang setelah ijtima ulama.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra mengaku, ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan arah dukungan di Pilpres 2019. Yusril belum mengindikasikan dukungan akan jatuh pada calon petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Untuk menentukan langkah ini, PBB masih akan melakukan komunikasi dengan para ulama, mendengarkan habib, serta menunggu hasil ijtima ulama. Dan yang lebih penting,  memperhatikan keputusan Nahdlatul Ulama," ujar Yusril saat di Surabaya, Rabu, 12 September 2018.

Pada prinsipnya, arah dukungan PBB tidak terlepas dari kepentingan dan pembelaan untuk umat muslim di Indonesia. PBB berjanji akan memutuskan dan mengumumkan arah dukungan pada awal Oktober.

"Tentunya, setelah PBB berbicara dengan kedua pihak calon Presiden," katanya.

PBB telah berdiskusi dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Yusril akan bertemu dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam waktu dekat.

PBB ingin mendengar langsung pemikiran masing-masing calon. PBB menegaskan akan fokus mengejar kursi parlemen PBB.

"Supaya PBB kembali punya fraksi di DPR," tambahnya.

Dia yakin anggota dewan dari PBB mampu memperjuangkan kepentingan rakyat. PBB bisa menjadi pendukung pemerintah atau menjadi oposisi demi kepentingan rakyat.


(SUR)