Jelang May Day, Buruh dan Pengusaha di Jatim Diminta Kompak

Antara    •    Senin, 30 Apr 2018 15:55 WIB
may day
Jelang May Day, Buruh dan Pengusaha di Jatim Diminta Kompak
Aksi buruh di peringatan May Day di Surabaya, 1 Mei 2017, Medcom.id - Amal

Surabaya: Buruh dan pengusaha diminta kompak menjaga hubungan industrial yang baik dan kondusif. Menurut Gubernur Jawa Timur Soekarwo, kekompakan itu dapat ditingkatkan melalui momentum Hari Buruh yang diperingati setiap tahun pada 1 Mei.

Soekarwo mengatakan kekompakan itu menjadi nilai positif bagi investor. Kekompakan itu menumbuhkan kepercayaan pada industri, iklim usaha, dan investasi di Jatim.

"Lantaran itu Pemprov akan memfasilitasi keinginan atau keluhan dari buruh kepada pengusaha dan pemerintah pusat yang ingin kesejahteraannya terpenuhi," ungkap Soekarwo di Surabaya, Senin, 30 April 2018.

Dalam peringatan Hari Buruh, Soekarwo optmistis aksi berlangsung lancar, aman, dan damai. Ia juga mengimbau aksi dilakukan dengan berdialog antara buruh dan perusahaan. Sehingga, kebijakan untuk menyejahterakan buruh pun dapat diperjuangkan bersama-sama.

"Saya yakin `May Day' besok berjalan lancar, bahkan ada kegiatan seperti istighatsah dan pertunjukan teaterikal. Satu sisi, buruh juga harus membuat tim untuk merumuskan dan mendiskusikan kebijakan yang ingin diperjuangkan sehingga selain demontrasi juga menghasilkan solusi kebijakan bagi seluruh buruh, pekerja dan pengusaha," katanya.



(RRN)