Polwan Ajak Anak-anak Korban Puting Beliung Bermain di Sekolah

Nurul Hidayat    •    Selasa, 04 Oct 2016 11:59 WIB
puting beliung
Polwan Ajak Anak-anak Korban Puting Beliung Bermain di Sekolah
Polwan di Jombang bermain bersama anak-anak korban puting beliung, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Keceriaan tampak di SD Bugasur Kedaleman 1 Jombang, Jawa Timur, Selasa 4 Oktober. Sepuluh polisi wanita (polwan) bermain bersama anak-anak yang menjadi korban terjangan angin puting beliung di Desa Bugasur.

Waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB. Beberapa polwan berseragam kepolisian lengkap dengan baret cokelat berbaris di halaman sekolah.

Mereka bukan bermaksud menangkap penjahat atau melakukan razia lalu lintas. Tapi, mereka menyambut kedatangan anak-anak yang berdatangan ke sekolah.


(Polwan di Jombang menghibur anak-anak korban terjangan angin puting beliung, MTVN - Nurul Hidayat)

"Selamat pagi, anak-anak," sapa Ipda Nunung D Artisa, anggota satuan Unit Sabhara Polres Jombang, saat menyambut anak-anak di halaman sekolah.

"Selamat pagi, Bu Polisi," jawab anak-anak lalu menjabat tangan para polwan.

Para polwan kemudian mengajak anak-anak bermain di halaman sekolah. Misalnya bentengan dan ular-ularan.

Gelak tawa terdengar dari halaman. Keakraban pun tercipta antara polwan dengan anak-anak berseragam putih merah itu.


(Polwan di Jombang bermain dengan anak-anak korban puting beliung, MTVN - Nurul Hidayat)

Sebagian polwan mengajak siswa memasuki kelas. Ibu Polisi kemudian menceritakan berbagai kisah pada para siswa. Satu di antaranya Si Kancil mencuri teman.

Di kelas lain, polwan mengajak anak-anak bermain alat musik tradisional. Mereka memainkan alat musik gamelan.

Di sela-sela permainan, polwan memberikan motivasi untuk tangguh menghadapi bencana. Sehingga anak-anak tak trauma terhadap bencana.

"Bencana itu cobaan dari Allah SWT. Dengan cobaan itu, derajat keimanan kita juga meningkat," ujar Nunung pada anak-anak.

Nunung mengatakan kegiatan itu berlangsung mulai kemarin hingga Rabu 5 Oktober. Kedatangan mereka sesuai arahan Kapolres Jombang AKBP Agung Mardianto.

"Polisi harus dekat dengan masyarakat. Mengayomi masyarakat, serta mengedepankan sisi humanis, termasuk pada anak-anak korban bencana," ungkap Nunung.


(Rumah rusak disapu angin puting beliung di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat)

Kegiatan serupa pun berlangsung di SD Bugasur Kedaleman 2 Jombang. Sebagian besar murid di dua SD itu merupakan korban terjangan angin puting beliung.

Angin puting beliung merusak puluhan rumah di Desa Bugasur Kedaleman pada Sabtu malam. Dinding beberapa rumah ambruk. Angin beterbangan.

Baca: Puluhan Rumah di Jombang Rusak Dihantam Puting Beliung

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun warga mengaku mengalami kerugian. 

Polres Jombang pun mengerahkan polisi wanita untuk mendampingi anak-anak korban puting beliung. Sehingga mereka tak trauma dengan peristiwa tersebut.


(RRN)