Malam Ini, Sopir Angkot Bahas soal Transportasi Umum dengan Gubernur Jatim

Amaluddin    •    Senin, 20 Mar 2017 19:23 WIB
transportasi berbasis aplikasi
Malam Ini, Sopir Angkot Bahas soal Transportasi Umum dengan Gubernur Jatim
Ribuan angkot di Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Para sopir angkutan umum di Surabaya, Jawa Timur, berencana menggelar aksi menolak angkutan umum berbasis online. Namun, rencana tersebut batal dan diganti dengan pertemuan tertutup dengan Gubernur Jatim Soekarwo pada Senin malam 20 Maret 2017.

"Kemarin para sopir angkot memang berencana demo hari ini, tapi itu gak jadi. Mereka akan bertemu dengan Pak Gubernur, Dishub, pihak angkutan umum dan angkutan berbasis online malam ini di Gedung Grahadi," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Dalam pertemuan malam ini, lanjut Gus Ipul, pembahasan utamanya adalah tentang regulasi angkutan umum berbasis online. Ia berharap ada solusi bagi kedua belah pihak, yakni angkutan umum tradisional dengan angkutan umum online.

"Yang dipersoalkan para sopir angkutan umum terkait legalitas angkutan umum online. Tapi pada prinsipnya, kita ingin ada angkutan yang cepat, murah. Mudah-mudahan musyawarah malam ini menemukan solusi yang terbaik," katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Angkutan Kota Surabaya (KAKS), Suyanto Bastar, membenarkan rencana aksi demo hari ini batal dilaksanakan. Ia mengaku ingin bertemu langsung dengan gubernur untuk meminta keadilan terkait maraknya angkutan berbasis online. 

Tuntutan utamanya, kata dia, ia meminta gubernur menindaklanjuti keluhan sopir angkot yang pendapatannya merosot sejak pemberlakuan taksi online. Selain itu, ia juga meminta pemerintah berlaku adil terkait legalitas angkutan umum online. 

"Kalau angkutan umum memiliki legalitas jelas, maka angkutan umum online juga harus sama. Kami harap pemerintah berlaku adil," pungkasnya.


(RRN)