Tak Punya Anggaran, BPBD Andalkan Dana dari Belanja tak Terduga

Amaluddin    •    Kamis, 24 Nov 2016 17:09 WIB
bencana alam
Tak Punya Anggaran, BPBD Andalkan Dana dari Belanja tak Terduga
Banjir Sampang pada April 2016, dok: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengaku tak punya anggaran kebencanaan. Namun BPBD mendapat bantuan dari Gubernur Jatim Soekarwo melalui anggaran belanja tak terduga (BTT).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim Achmad Robiul Fuad mengatakan pencairan BTT dilakukan setelah ada pengajuan dari daerah yang mengalami bencana. Syaratnya, daerah tersebut sudah menetapkan status Siaga Darurat.

"Kalau semisal ada daerah yang mengalami bencana baru BTT cair," kata Achmad di Surabaya, Kamis (24/11/2016).

Setiap tahun, lanjut Achmad, alokasi BTT yaitu Rp100 miliar yang berasal dari APBD. Bila anggaran itu habis, biasanya Gubernur mengambil keputusan atau diskresi untuk menambah anggaran sesuai kebutuhan sangat mendesak.

Pada 2016, 27 kabupaten dan kota di Jatim mengajukan status siaga darurat bencana. Sebab wilayah mereka mengalami banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Namun hingga saat ini, Gubernur belum menyetujui status tersebut.

"Bencana alam seperti banjir, longsor di daerah masih belum parah, sifatnya masih sporadis. Jadi Jatim belum perlu Siaga Darurat Bencana," kata Gubernur saat ditemui di Gedung Negara Grahadi.


(RRN)