Erupsi Gunung Agung

Jatim Masih Aman dari Abu Vulkanik Gunung Agung

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 26 Sep 2017 18:10 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
Jatim Masih Aman dari Abu Vulkanik Gunung Agung
Prakirawan BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, menilai penyebaran abu vulkanik ke wilayah Jawa Timur masih aman. Hal itu berdasarkan kajian arah dan kecepatan angin permukaan atas Gunung Agung.

"Statusnya (Gunung Agung) masih awas, tapi untuk kondisi di Juanda sendiri masih tergolong aman," ungkap Prakirawan BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, Selasa 26 September 2017.

Walau dalam kondisi Juanda aman, BMKG Juanda tetap melakukan pengamatan atas informasi terbaru dari aktifitas Gunung Agung. Terutama yang berkaitan dengan cuaca terkini.

BMKG juga akan terus memprediksi potensi perubahan cuaca dan potensi sebaran abu jika Gunung Agung meletus saat ini. Berdasarkan arah angin yang dilihat dari permukaan timur laut hingga tenggara, di ketinggian 10 ribu kaki dengan kecepatan 5 hingga 15 knot, Jawa Timur tak terimbas abu vulkanik.

"Pembuangannya ke Samudera Hindia. Kemungkinan, dengan kecepatan dan arah angin itu, kawasan Denpasar yang kena," katanya.

Dia memprediksi letusan Gunung Agung bisa saja sampai ke Jawa Timur. Namun, hanya Jatim bagian timur yang akan terdampak.

Lain cerita bila ketinggian angin permukaan mencapai di antara 10 ribu-30 ribu kaki. Seluruh Jawa Timur akan terdampak. "Bisa jadi akan sampai kesini (Juanda). Seperti contoh kasus Gunung Kelud. Ketinggian yang cukup tinggi ditambah kondisi angin yang cukup kuat maka bisa sampai ke Jawa Timur," tandasnya.

Pihaknya berharap, warga masyarakat bisa memilah antara informasi resmi dan hoaks. Sebab sudah banyak kabar burung yang meresahkan masyarakat beredar.


(SUR)