Berkas Tersangka Andi Lala Cs Dilimpahkan Ke Kejati Sumut

Farida Noris    •    Rabu, 09 Aug 2017 16:43 WIB
pembunuhan
Berkas Tersangka Andi Lala Cs Dilimpahkan Ke Kejati Sumut
Polisi menunjukkan foto Andi Lala, tersangka pembunuhan satu keluarga di Medan, yang menjadi buruan polisi, Ant - Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Medan: Penyidik Ditkrimum Polda Sumatera Utara melimpahkan berkas dan tersangka Andi Lala Cs ke Kejati Sumatera Utara, Rabu 9 Agustus 2017. Andi Lala Cs terlibat kasus pembunuhan sadis sekeluarga di Jalan Kayu Putih, Lingkungan XI, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, pada Minggu 9 April 2017 silam.

"Penyidik dari Polda Sumut menyerahkan pelimpahan tahap II ke Penuntut Umum Kejati Sumut atas nama tersangka Andi Lala, istrinya Reni Safitri, Roni, Andri Syahputra, dan Irfan alias Efan," kata Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian. 

Sumanggar menjelaskan, kasus yang menjerat Andi Lala yang dilimpahkan ke Kejati Sumut ada dua. Pertama kasus pembunuhan sadis sekeluarga di Mabar. Untuk kasus ini tersangka yang dilimpahkan adalah Andi Lala, Andi Sahputra dan Roni Anggara.

"Kemudian berkas perkara pembunuhan Suherman alias Kakek di Lubuk Pakam, Deliserdang. Untuk kasus ini selain Andi Lala, juga diserahkan istrinya Reni Safitri dan Irfan alias Efan," terang Sumanggar.

Baca: Andi Lala Dua Kali Melakukan Pembunuhan Berencana

Pelimpahan tahap dua kasus ini, kata Sumanggar, dilakukan setelah jaksa peneliti dari Kejati Sumut menyatakan berkas perkara lengkap dan layak untuk disidangkan. Kelima tersangka dititipkan ke Rutan Tanjung Gusta Medan. 

"Dalam waktu dekat, Kejaksaan juga akan merampungkan berkas dakwaan. Kita harap kasus ini bisa dapat segera disidang," ujar Sumanggar

Kasus pembunuhan satu keluarga yang dilakukan Andi Lala Cs pada Minggu 9 April 2017 di Jalan Kayu Putih, Lingkungan XI, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, sempat menghebohkan masyarakat. Andi Lala tega menghabisi Riyanto (40), Sri Ariyanti (40), Sumarni (60), Naya (13) dan Gilang (8). Namun satu balita Kinara (4), selamat. Andi Lala mengaku dendam karena Riyanto tak mengembalikan uang Rp 5 juta untuk pembelian sabu. 

Tak hanya itu, Andi Lala Cs juga terlibat pembunuhan Suherman alias Kakek pada 2015. Korban dibunuh karena berhubungan beberapa kali layaknya suami istri dengan Reni Safitri yang tak lain istri dari Andi Lala. Andi Lala bekerjasama dengan Reni Safitri untuk menghabisi Suherman. Kasus itu baru terungkap dua tahun kemudian pasca Andi Lala Cs ditangkap dalam kasus pembunuhan di Mabar.

 


(ALB)