Transaksi Pameran Koperasi dan UMKM Jatim Sebesar Rp5,6 Miliar

Amaluddin    •    Rabu, 02 Aug 2017 17:49 WIB
umkmkerja bersama
Transaksi Pameran Koperasi dan UMKM Jatim Sebesar Rp5,6 Miliar
Gubernur Jatim Soekarwo saat membuka pameran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Hasil transaksi pameran Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2017 yang digelar Pemprov Jatim mencapai target, yakni Rp5,6 miliar. Jumlah itu lebih tinggi dari pameran tahun 2016 lalu sebesar Rp5,4 miliar.

"Hasilnya sesuai target, selisih tipis dari tahun lalu. Yang jelas, hasil itu mampu mendongkrak prekonomian UMKM Jatim," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Mas Purnomo Hadi, Rabu, 2 Agustus 2017.

Menurut dia, keberhasilan dari tujuan pameran guna menjalankan fungsinya dengan baik untuk wadah ajang promosi bagi seluruh pelaku UKM memasarkan produknya.

Pameran tersebut digelar dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-70 yang digelar pada 26-30 Juli 2017, di Grand City Surabaya. Sebanyak 228 Peserta ikut dalam pameran itu, terbagi dalam 2 area, yakni di dalam dan luar gedung pameran.

Baca: Pameran UMKM Jatim Bidik Transaksi Rp5,7 Miliar

Peserta pameran antara lain Binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Mitra Praja Utama, Perbankan, UKM Mandiri, BUMN/BUMD, asosiasi, komunitas dan swasta, serta Festival Kopi Nusantara.

"Selama pameran, ada sebanyak 31.508 pengunjung. Ini menunjukkan minat masyarakat terhadap produk-produk UKM dalam negeri masih sangat diminati dan dicintai," ucap mantan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim itu.

Berdasarkan catatan Pemprov Jatim, kontribusi koperasi dan UMKM pada PDB Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun, yakni rinciannya 1,71 persen pada 2013, dan naik 4 persen atau tepatnya 3,99 persen pada tahun berikutnya. Sedangkan khusus perekonomian Jatim, sebanyak 54,98 persennya ditopang oleh koperasi dan UMKM.


(ALB)