Pasar Tumpah Biang Kemacetan di Sumenep

Rahmatullah    •    Selasa, 13 Jun 2017 13:53 WIB
mudik lebaran 2017
Pasar Tumpah Biang Kemacetan di Sumenep
Suasana pasar tumpah di Kecamatan Pragaan Sumenep – MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Pasar tumpah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan menjadi penyebab kemacetan saat mudik dan balik lebaran tahun ini. Pasar ini ada di Kecamatan Pragaan, Kecamatan Bluto dan Kecamatan Saronggi.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Sustono, menjelaskan akan membangun pos pantau di wilayah rawan macet itu. Arus lalu lintas di daerah rawan itu kemungkinan akan diberlakukan sistem buka-tutup.
 
“Kami minta petugas untuk mengatur alur lalu lintas di wilayah rawan macet itu,” terangnya, Selasa, 13 Juni 2017.
 
Selain di pasar tumpah, kata Sustono, yang juga rawan macet adalah di jalan raya Desa Pakamban Laok, Kecamatan Pragaan. Di jalan penghubung ke Kabupaten Pamekasan itu terdapat pekerjaan pembangunan jembatan. Pekerjaan tersebut dimungkinkan tidak selesai dalam waktu dekat ini.
 
“Di sana juga direncanakan dibangun pos pantau,” jelasnya.
 
Sustono memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-3 Idulfitri.
 
Sementara anggota Komisi III DPRD Sumenep yang membidangi perhubungan, M. Ramzi, berharap pemantauan di lokasi rawan macet maksimal. Pengatur lalu lintas diimbau tidak lengah, karena di titik rawan macet berpotensi kecelakaan.
 
“Hari ini saja, arus lalu lintas di lokasi rawan macet itu sudah padat. Apalagi mendekati lebaran nanti. Jadi pengatur lalu lintas tidak boleh lengah saat bertugas,” ungkapnya.


(SAN)