Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu Terbakar

Budi Arista Romadhoni    •    Selasa, 16 Oct 2018 09:53 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu Terbakar
ilustrasi Medcom.id

Semarang: Kebakaran hutan kembali melanda di Jawa Tengah, kini kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu yang dilalap si jago merah. Sebelumnya api muncul wilayah Ampel, Boyolali, saat ini api berkobar di daerah sisi barat, tepatnya area Getasan, Kabupaten Semarang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatatakan pihaknya medan yang terjal menjadi alasan utama petugas kesulitan memadamkan api. 

"Perlu waktu dua jam untuk datang ke lokasi. Lagi pula tim pemadam kebakaran tidak bisa mencapai sana, jadinya kami cuma bisa manual. Pakai sabit dan sebagainya agar rantai api tak meluas," kata Heru di Semarang, Selasa, 16 Oktober 2018. 

Heru mengungkapkan, upaya pemadaman yang dilakukan oleh 80 orang relawan terdiri dari berbagai unsur termasuk TNI, Polri, dan lain sebagainya. 

"Api mulai terlihat pada Minggu 14 Oktober kemarin sekitar pukul 10.00 WIB. Tepatnya di antara pos 2 Thekelan dan pos 4. Di atas Basecamp Thekelan-Wekas Pakis. Penyebanya belum tahu," ungkapnya. 

Menurutnya, api hingga saat ini belum mampu dipadamkan dikarenakan embusan angin yang cukup kencang, sehingga memudahkan semak belukar kering dilalap api. Ditambah faktor jauhnya medan, serta terjalnya lokasi kebakaran.

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan nantinya akan meminta bantuan pemadaman dari BNPB, yaitu menggunakan Helikopter water bombing dengan mengambil air dari embung di Dusun Pulihan, Kabupaten Semarang.

"Kalau untuk luasan termasuk titik tepatnya terdampak, dari Taman Nasional Merbabu belum mengetahui," tandasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan jalur pendakian Gunung Merbabu, khususnya dari arah Thekelan Kabupaten Semarang sudah ditutup, dan belum dipastikan kapan dibuka kembali.

"Jalur pendakian sementara kita tutup dulu," bebernya. 



(ALB)