Mentan Sebut Jatim Terbaik Inseminasi Buatan Ternak Sapi

Amaluddin    •    Senin, 08 Oct 2018 18:25 WIB
sapi
Mentan Sebut Jatim Terbaik Inseminasi Buatan Ternak Sapi
Peternak menggiring sapi dagangannya di Pasar Hewan, Ngawi, Jawa Timur, Rabu (9/8). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

Surabaya: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebut Provinsi Jawa Timur terbaik di Indonesia dalam keberhasilan inseminasi buatan (IB) pada ternak sapi. Ini dibuktikan dengan naiknya IB Jatim mencapai 120 persen.

"Keberhasilan IB paling besar adalah Jatim, dengan cakupan sebesar 40-50 persen dari total nasional," kata Amran di Surabaya, Jawa Timur, Senin, 8 Oktober 2018.

Amran menjelaskan, berdasarkan data Kementan, target kelahiran sapi nasional sebanyak 2,4 juta pada tahun 2017. Sedangkan Jatim, mampu memenuhi 43,75 persen kelahiran, atau menyumbang sekitar 1 juta lebih anak sapi terhadap nasional.

"Jadi keberhasilan IB paling besar dihasilkan oleh Jatim. Bisa dibayangkan, kalau ada lima provinsi yang seperti Jatim. Kelahirannya satu juta lebih, bahkan bisa lima juta. Artinya persoalan sapi sudah selesai," jelas Amran.

Amran berharap provinsi lain bisa mencontoh Jatim dalam keberhasilan IB pada ternak sapi. Salah satunya berupa kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan beberapa provinsi dan kontes sapi nasional yang akan digelar di Blitar, Jatim.

Adapun beberapa provinsi yang akan digandeng dalam kegiatan FGD tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, NTB, dan Bali. 

"Nanti kita dorong provinsi lainnya yang merupakan pusat-pusat sapi dan peternakan lainnya. Kita undang dalam kegiatan FGD," jelas Amran.


(DEN)