Kasus Ujaran Kebencian Ahmad Dhani Segera Dibawa ke Pengadilan

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 04 Jan 2019 15:23 WIB
ujaran kebencian
Kasus Ujaran Kebencian Ahmad Dhani Segera Dibawa ke Pengadilan
Musisi Ahmad Dhani (tengah) didampingi Kivlan Zen dan penasihat hukum hadir dalam audiensi dengan pimpinan DPR pada Januari 2017. MI/Susanto

Surabaya: Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menyatakan berkas perkara Ahmad Dhani Prasetyo sudah P21 (lengkap). Kasus dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian karena menyebut kelompok penolak deklarasi #2019 Ganti Presiden di Surabaya tersebut akan segera dibawa ke pengadilan.

"Sejak kemarin, Kamis, (3 Januari) berkas Ahmad Dhani P21 atau lengkap," ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Sunarta, Jumat, 4 Januari 2019.

Keterangan saksi meringankan dari pihak tersangka juga sudah dimasukkan penyidik Polda Jatim ke dalam berkas perkara. Pihaknya akan menunggu tahap selanjutnya dari pihak Polda Jatim untuk penyerahan berkas tahap dua.

"Kalau sudah lengkap, otomatis tinggal menunggu pelimpahan barang bukti dan tersangka," jelasnya.

Polda Jatim melimpahkan berkas perkara Ahmad Dhani pada Jumat, 28 Desember 2018. Ada tiga poin catatan berkas perkara yang telah dilengkapi. Pertama, melengkapi keterangan saksi polisi yang berada di lokasi kejadian atau pembuatan vlog di Hotel Majapahit Surabaya, surat kuasa dari pelapor dan pemeriksaan saksi meringankan.

Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik pada (18/10). Penetapan itu buntut dari laporan koalisi Bela NKRI terkait ucapan Achmad Dhani saat ngevlog dilobi Hotel Majapahit Surabaya.

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Ujaran Kebencian
 


(SUR)