Jatim Siapkan Rp264,4 Miliar Untuk Tambal Sulam Jalan

Amaluddin    •    Selasa, 27 Feb 2018 19:21 WIB
jalan rusak
Jatim Siapkan Rp264,4 Miliar Untuk Tambal Sulam Jalan
Ilustrasi. Autoguide

Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan anggaran pada APBD Jatim 2018 sebesar Rp264,4 miliar. Anggaran itu untuk pemeliharaan jalan berlubang secara berkala di wilayahnya.

"Ada sepanjang 138,33 kilometer (km) jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Jatim. Pemeliharaan jalan ini wajib dilakukan, karena umur jalan sudah tidak memenuhi syarat, jadi harus dilapisi lagi," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistiyo Hadi, dikonfirmasi, Selasa, 27 Februari 2018.

Pada musim 2018 ini, Gatot memprediksi akan banyak jalan mengalami kerusakan seperti berlubang dan lainnya. Karena itu, kata Gatot, pihaknya menginstruksikan kepada bawahannya fokus memelihara jalan. 

"Saya sudah perintahkan ke staff agar memperbaiki jalan berlubang dalam 1x24 jam sudah harus ditambal. Karena prinsipnya, sekecil apapun lubang di jalan bisa mengakibatkan kecelakaan," ujarnya.

Karena itu, Gatot berharap masyarakat Jatim berperan aktif melaporkan ke Dinas PU Bina Marga jika menemukan jalan berlubang. Masyarakat bisa melaporkan melalui media sosial atau Dinas PU di wilayahnya.

"Tak hanya jalan provinsi saja, masyarakat juga bisa melapor jika menemukan jalan milik pusat. Kami siap membantu berkoordinasi dengan pemerintah yang berwenang," katanya.

Tak hanya pemeliharaan jalan, Dinas PU Bina Marga Jatim juga telah mendapatkan pos anggaran pada APBD Jatim 2018 sebesar Rp354 miliar. Jumlah itu untuk rekonstrusi jalan provinsi sepanjang 63,15 kilometer pada 2018. "Kami juga telah menganggarkan Rp123 miliar untuk pengerjaan rutin secara bertahap jalan provinsi sepanjang 1.421 kilometer," katanya.



(ALB)