BNNP Jatim Gagalkan Pengiriman 12 Kg Ganja

Antara, Syaikhul Hadi    •    Sabtu, 03 Mar 2018 10:46 WIB
ganja
BNNP Jatim Gagalkan Pengiriman 12 Kg Ganja
Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso menunjukkan barang bukti ganja yang dikemas di dalam kopi, di kantor BNNP Jatim, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/3) malam. ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Surabaya: Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur menggagalkan pengiriman paket 12 kilogram narkoba jenis ganja dalam dua dus yang akan dikirim dari Medan melalui jalur udara.

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso mengatakan tiga orang ditangkap dan dijadikan sebagai tersangka. Mereka, MA, 38, MW, 36, dan AH 23.

Dia menjelaskan, paket itu berasal dari Takengon, Aceh dan dibawa ke Medan. Setelah di Medan ganja dikirim menggunakan jasa udara untuk dibawa ke Surabaya.

"Setelah kami mendapat alamat dan dicocokkan ternyata benar, ada dua dus narkoba. Satu dus dibungkus kardus rokok Dji Sam Soe dan Dunhill yang masing-masingnya seberat enam kilogram," kata Bambang.

Bambang menambahkan, di setiap dus, ganja dipres dan dilakban dengan disandingkan dengan kopi bubuk Arabika untuk mengelabui petugas. 

"Modusnya, pelaku memesan terhadap 'supplier' yang berada di Aceh melalui media sosial, melakukan pembayaran dan dikirim melalui paket udara. Pelaku adalah jaringan edar gelap ganja yang beroperasi di wilayah," ujarnya.

Selain ganja, polisi juga menyita senjata api kaliber 22, ponsel, sepeda motor, dan buku nikah. "Yang lainnya masih akan kami kembangkan," ucapnya.



(ALB)