56 Ribu Kendaraan di Jombang Menunggak Pajak

Nurul Hidayat    •    Selasa, 01 Nov 2016 11:45 WIB
pajak kendaraan
56 Ribu Kendaraan di Jombang Menunggak Pajak
Polisi memeriksa surat-surat kendaraan di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Sebanyak 56 ribu kendaraan berbagai jenis di Jombang, Jawa Timur, menunggak pajak. Pemilik kendaraan roda dua yang mendominasi penunggakan pajak. 

Dinas Pendapatan Jombang mencatat jumlah total kendaraan di kabupaten tersebut yaitu 525 ribu. Sebanyak 10 persen dari jumlah tersebut belum memenuhi kewajiban pajak.

Kepala Bidang Penagihan Dinas Pendapatan Kabupaten Jombang, Arifin, mengatakan alasan penunggak pajak beragam. Misalnya lupa membayar, kendaraan disita dealer, dan usia kendaraan tua.

"Di daerah pinggiran kabupaten Jombang banyak yang enggan untuk membayarkan pajak kendaraan dengan alasan kendaraan hanya dipakai untuk ke sawah," jelas Arifin di ruang kerjanya, Selasa (1/11/2016).


(Polisi menggelar penertiban kendaraan di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat)

Arifin mengaku pihaknya sudah melakukan jemput bola. Misalnya mengirimkan surat penagihan pajak pada pemilik kendaraan. Pihaknya juga mengingatkan warga untuk tertib bayar pajak.

Arifin mengingatkan pembayaran pajak kendaraan dilakukan di Kantor Samsat Kabupaten Jombang di Jalan Raya Mojoagung. Warga juga dapat memenuhi kewajiban itu di Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jombang di Jalan KH Abdurrahman Wahid.

Pemkab juga mengoperasikan layanan Samsat Keliling. Hingga akhir 2016, Pemkab memberlakukan program pemutihan denda pajak. Sehingga warga cukup membayar pajak kendaraan tanpa denda.


(RRN)