Wanita Jember Bawa 930 Gram Sabu dari Malaysia

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 16 Nov 2016 12:08 WIB
narkoba
Wanita Jember Bawa 930 Gram Sabu dari Malaysia
Rilis kasus pengungkapan penyelundupan sabu di Bea Cukai Juanda, Sidoarjo, Jatim, Rabu (16/11/2016). (Metrotvnews.com/Syaikul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Penumpang pesawat dari Malaysia ditangkap jajaran Bea Cukai lantaran menyimpan 930 gram sabu-sabu. Perempuan berusia 27 tahun itu terancam hukuman mati.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Mulyono, mengatakan, tersangka berinisial NR tiba dengan pesawat AirAsia. Warga Jember itu membawa tiga koper.

"Petugas curiga karena tersangka membawa tiga koper ukuran besar," kata Mulyono, saat rilis kasus di kantornya, Rabu (16/11/2016).

Tersangka tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Minggu (6/11/2016) sekitar pukul 18.00 WIB. Petugas bandara melakukan serangkaian tes pada NR. Hingga, petugas menemukan benda mencurigakan di gagang masing-masing koper.

"Kita membongkar gagang koper. Di situ terdapat kristal putih kusam dibungkus dengan plastik," ujar Mulyono. 

Uji narkotes, menunjukkan hasil positif narkoba pada kristal putih itu. Setelah itu, pihaknya menyerakan tersangka ke Mapolda Jatim. 

Akibat perbuatannya, tersangka dapat diancam dengan pidana mati atau hukuman seumur hidup lantaran memiliki lebih dari 5 gram seperti diatur UU 35/2009 tentang Narkotika.


(SAN)