NasDem Mengerucut Pada Dua Nama untuk Pilgub Jatim

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 21 Apr 2017 14:28 WIB
pilkada 2018
NasDem Mengerucut Pada Dua Nama untuk Pilgub Jatim
Ketua DPW Partai NasDem Jatim Rendra Kresna -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur baru akan digelar pada 2018. Namun, mesin partai sudah melakukan pemanasan dengan menjaring figur yang dianggap pantas dan layak untuk maju sebagai jagoan dalam perebutan kursi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018-2023.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jatim Rendra Kresna mengatakan, saat ini tinggal dua nama yang intens dibahas untuk diusung di Pilgub Jatim. Dua nama yang dimaksud adalah Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah.

"Dua nama itu sedang kita bahas bersama dengan Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh," kata Rendra di Jalan Hayam Wuruk, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur, Jumat, 21 April 2017.

Rendra menjelaskan, sebelumnya ada sejumlah nama yang dibidik NasDem, di antaranya Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, anggota Fraksi NasDem DPR Hasan Aminuddin, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Pada akhirnya, NasDem mengurucut pada dua nama, Saifullah dan Khofifah, karena keduanya memiliki kans kuat memenangi pilgub Jatim.

"Bu Khofifah mewakili perempuan dengan kekuatan massa Muslimat. Sementara Gus Ipul, sapaan Saifullah, dengan kekuatan Ansor-nya. Keduanya berpeluang menang mengingat Jatim basisnya NU," imbuh Rendra.

Untuk bakal calon wakil gubernur Jatim, lanjut Rendra, DPW Partai NasDem masih menunggu instruksi DPP. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai.

"Kami membuka pintu koalisi lebar-lebar kepada partai yang ingin bersama-sama dalam pilgub Jatim nanti," pungkas Rendra.

Saat ini, NasDem memiliki empat kursi di DPRD Jatim. Butuh 16 kursi lagi untuk memenuhi syarat agar bisa mengusung pasangan calon untuk pilgub Jatim.


(NIN)