Empat Karhutla Terjadi di Jombang Sepanjang Juli-Agustus 2017

Nurul Hidayat    •    Senin, 28 Aug 2017 10:02 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Empat Karhutla Terjadi di Jombang Sepanjang Juli-Agustus 2017
Sisa kebakaran hutan dan lahan di Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang mencatat, terjadi empat kali kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sepanjang Juli-Agustus 2017.

"Empat karhutla yang masuk dalam laporan kita, yakni di kawasan hutan Kecamatan Ngusikan; lereng Gunung Anjasmoro; Desa Pengampon, Kecamatan Kabuh; serta Desa Kedung Lumpang, Kecamatan Mojoagung," kata Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang Gunadi di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasim, Jombang, Jawa Timur, Senin 28 Agustus 2017.

Gunadi menjelaskan, dari empat laporan kebakaran hutan tersebut, hanya dua laporan yang dilakukan tidak lanjut. Keduanya adalah karhutla di Desa Penampon dan Desa Kedung Lumpang.

"Untuk yang di lereng Gunung Anjasmoro tidak ditindaklanjuti karena medan yang sulit serta keterbatasan anggota. Sementara, karhutla di Desa Ngusikan berhasil dipadamkan warga," imbuhnya.

Menurut Gunadi, status siaga karhutla akan terus dilakukan selama musim kemarau. Sebab, segala kemungkinan bisa terjadi saat kondisi cuaca sangat panas.


(NIN)