Penyelundupan Kendaraan ke Timor Leste Digagalkan

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 25 Aug 2016 15:25 WIB
penyelundupan
Penyelundupan Kendaraan ke Timor Leste Digagalkan
Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga memberi keterangan usai membongkar penyelundupan mobil ilegal di Teluk Lamong, Surabaya, Kamis (25/8/2016). (Metrotvnews.com/MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Surabaya: Upaya penyelundupan kendaraan bermotor ke Timor Leste digagalkan Satreskrim Polrestabes Surabaya, Jawa Timur. Total, 73 unit kendaraan berbagai jenis disita beserta dua tersangka.

Dua tersangka, PR, 45, asal Surabaya; dan AC, 35, asal Lamongan. Keduanya bertindak sebagai pelaku penyelundupan. Sementara kendaraan yang disita berupa 36 mobil, 8 truk, dan 29 sepeda motor.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, modus kedua tersangka melakukan penyelundupan dengan cara membuat dokumen palsu. Caranya, tersangka PR dibuatkan Invoice Packing List (IPL) dengan CV palsu.

"Selanjutnya, kedua tersangka membuat berbagai dokumen palsu lainnya, agar proses pengirimannya menjadi lebih mudah," katanya, di Surabaya, Kamis (25/8/2016).

Setelah persyaratan surat menyurat dan dokumen palsu lengkap, mereka mengirimkan kendaraan itu ke Timor Leste melalui pelabuhan Telok Lamong, Surabaya. Sayangnya, polisi telah mencium upaya ilegal itu.

"Sehingga langsung kami lakukan penggeledahan di TKP, dan menemukan adanya mobil selundupan di dalam kontainer yang siap kirim," kata Shinto.

Ditambahkan Shinto, saat ini pihaknya sedang memburu penyuplai mobil ilegal itu. Selain itu, pihaknya juga telah mengirim anak buahnya ke Timor Leste untuk menyelidiki penadah kendaraan ilegal.

"Kami selidiki di sana, anggota sudah kami kirim untuk koordinasi dengan aparat setempat," ujarnya.


(SAN)